Partisipasi CARI! pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2022

#Events & projects update
calendar_today
20 October 2022
person
Author : Comms CARI!
edit
Editor : -
Description

Peringatan Bulan PRB

Tim CARI! pada peringatan Bulan PRB 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur

Pada tanggal 12-14 Oktober 2022, CARI! berpartisipasi pada rangkaian kegiatan peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang diselenggarakan oleh BNPB bekerjasama dengan BPBD Provinsi Kalimantan Timur. Rangkaian kegiatan bulan PRB tahun ini mengusung tema “Bersama Kita Tangguh”  yang bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring, serta ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB di seluruh Indonesia.

Tim CARI! berbicara pada Ignite Stage Panggung Resiliensi peringatan Bulan PRB 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur

Tim CARI!, Anarita dan Ridowan berbicara pada Ignite Stage Panggung Resiliensi untuk memperkenalkan berbagai produk dan layanan CARI! terkait pengelolaan pengetahuan bencana. Anarita menjelaskan bahwa banyak riset dan pengetahuan terkait bencana yang belum terhubung dengan pembuat kebijakan juga publik. Oleh karena itu, CARI! membangun disaster knowledge management portal yang khusus memuat riset kebencanaan di Indonesia. Selanjutnya, Ridowan juga menyampaikan bahwa CARI! bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai rujukan dunia bagi ketangguhan bencana melalui pengelolaan pengetahuan dan teknologi.

Peringatan Bulan PRB

Vice Principal CARI! berbicara pada 'Seminar Pembelajaran dari Bencana untuk Membangun Ketangguhan Masyarakat' di Balikpapan, Kalimantan Timur

Vice Principal CARI!, Retno Rifa Atsari juga berbagi pengalaman dalam mengorganisasikan dan mengomunikasikan pengetahuan pada ‘Seminar Pembelajaran dari Bencana untuk Membangun Ketangguhan Masyarakat’ yang diselenggarakan secara hybrid oleh BNPB dan INVEST DM 2.0. Pada kesempatan tersebut, Rifa menyampaikan kronologi CARI! terbentuk sebagai salah satu contoh praktik baik pembangunan pengelolaan pengetahuan berdasarkan pengalaman dari kejadian bencana di masa lampau. "Berdasarkan beberapa studi dan analisis awal dari pengalaman penanganan bencana di lapangan, terdapat kesenjangan antara produk penelitian atau publikasi ilmiah dengan pembuatan kebijakan di Indonesia. Kami dari CARI! berusaha untuk mengatasi isu tersebut dengan membangun knowledge management portal sebagai jembatan antara produk penelitian yang terus berkembang khususnya di bidang kebencanaan agar dapat diakses lebih mudah oleh publik"

Rifa juga menjelaskan upaya CARI! dalam meningkatkan literasi Indonesia dan memberikan informasi yang mudah diterima sebagai turunan dari knowledge management portal, yaitu Indonesia Disaster Knowledge Update (IDKU). IDKU merupakan mini systematic literature review yang dirilis oleh tim CARI! setiap bulan dengan mengangkat berbagai topik terhangat di Indonesia dan dunia.

Vice Principal CARI! berbicara pada 'Lokakarya Pembaharuan Indeks Ketahanan Daerah' di Balikpapan, Kalimantan Timur

Selain itu, tim CARI! juga memfasilitasi kegiatan ‘Lokakarya Pembaharuan Indeks Ketahanan Daerah (IKD)’ yang diselenggarakan oleh Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana, Kedeputian Bidang Sistem dan Strategi, BNPB. Kegiatan ini ditujukan untuk melakukan sosialisasi awal atau pengenalan mengenai konsep Standar Pengembangan Daerah Aman Bencana (SPDAB) yang akan diadopsi sebagai pembaruan IKD.

Konsep ini telah dikembangkan sejak tahun 2020 serta diujicoba secara cepat pada 253 kabupaten/kota pada tahun 2021. Uji coba dilaksanakan dengan memanfaatkan data sekunder yang dapat diperoleh melalui web-scraping oleh tim enumerator nasional. Pada tahun ini, uji coba kedua dilanjutkan dengan melibatkan 12 kabupaten/kota dari 2 provinsi untuk melakukan validasi hasil enumerasi awal penilaian IKD. Pada kesempatan ini, perwakilan daerah juga berbagi mengenai tantangan yang dihadapi dalam melakukan penilaian dengan perangkat penilaian IKD 71 indikator serta memberikan masukan untuk kegiatan uji coba tersebut.

Booth CARI! pada peringatan Bulan PRB 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur

Agar produk serta layanan CARI! semakin dekat dan dikenal oleh publik, CARI! membuka booth pada pameran peringatan Bulan PRB yang memudahkan pengunjung untuk mencoba secara langsung disaster knowledge management portal CARI!, serta dapat menuliskan pendapat pada papan interaktif tentang pengetahuan kebencanaan yang ingin diketahui melalui Indonesia Disaster Knowledge Update (IDKU).